1. Berinteraksi dengan orang baru
Jika Anda tergolong ekstrovert dan senang berinteraksi dengan orang lain, karier di manajemen dan area front desk hotel cocok untuk Anda. Tamu-tamu yang akan Anda temui pun bukan satu-satunya yang memiliki latar belakang internasional. Rekan kerja Anda mungkin juga berasal dari daerah atau negara lain.
Pengalaman Anda berkarier di hotel akan menjadi saat tepat untuk mengasah kemampuan bekerja sama dalam tim dan komunikasi lintas budaya.
2. Terbuka untuk kandidat dari latar belakang berbeda
Bicara tentang karier di hotel, banyak yang langsung membayangkan posisi sebagai resepsionis, manajer, dan housekeeping. Padahal seperti layaknya perusahaan lain, sebuah hotel juga punya departemen lain seperti HR, akuntansi, dan lainnya.
Karena itu, bisa dibilang siapa pun bisa bekerja di hotel. Anda seorang teknisi IT yang tertarik dengan dunia hospitality? Coba saja. Anda pun bisa sambil belajar intrikasi dalam menjalankan sebuah hotel. Apapun bidang keahlian Anda, sebuah hotel yang sedang berkembang akan selalu butuh talenta Anda.
3. Mengasah soft skill
Mereka yang sukses berkarier di industri hospitality umumnya punya karakter serupa: gesit, sabar, dan pekerja keras. Mayoritas posisi di sebuah hotel akan banyak interaksi dengan individu-individu berbeda yang memiliki kebutuhan berbeda pula setiap harinya, bahkan di hari libur dan akhir pekan. Kemampuan manajemen dan organisasi, kreativitas, dan kegigihan juga akan sangat dituntut dari para penggiat industri.
Tak hanya mempertajam keahlian teknis, karier di hotel juga akan melatih soft skill yang bisa diaplikasikan di industri apa saja.
4. Kepuasan melayani
Di industri yang dekat dengan pelayanan pelanggan ini, Anda bisa melihat langsung reaksi dan respon dari para konsumer. Tentu saja tidak semua interaksi akan membuahkan hasil positif, tapi usaha dan kerja keras Anda rasanya seperti terbayarkan jika pelanggan menikmati kunjungannya ke hotel Anda.
5. Peluang besar mengembangkan karier
Industri perhotelan adalah salah satu sektor yang biasa mengutamakan pengembangan jenjang karier internal. Promosi umumnya terjadi antar staf jika mereka berprestasi. Ini berarti Anda bisa mulai bekerja sebagai bell boy dan tidak menutup kemungkinan, beberapa tahun kemudian Anda perlahan menaiki tangga karier hingga menjadi manager.
Terlebih lagi, jika Anda bekerja di hotel yang memiliki banyak cabang di berbagai kota dan negara, Anda juga berkesempatan bekerja dipindahtugaskan atau mendapat pelatihan di cabang lain.
Leave a Reply